Minggu, 25 September 2011

Bira - Alocasia marcorrhizos

Alocasia macrorrhizos


Bira atau Alocasia macrorrhizos merupakan tumbuhan penghasil umbi yang dapat dimakan. Bira dikenal pula dengan nama asal bahasa Jawa, sente

Terna yang sangat besar dengan batang tegak. Daun memata panah dengan tangkai daun yang sangat panjang. Perbungaan tongkol, berumah satu, dengan bunga betina pada bagian pangkal tabung, bagian tengah steril, bunga jantan diatas bagian-bagian tersebut, dan berakhir dengan apendiks yang steril, perbungaan ditutupi oleh seludang menyerupai tabung berbentuk lanset sampai melonjong bagian ujungnya. Buah buni, merah sampai jingga.

Bira lebih menyukai lingkungan yang basah dan dapat ditemukan pada kisaran ketinggian sampai 2000 m dpl. Bira umumnya diperbanyak melalui tunasnya dan biasanya ditanam pada awal musim hujan, di tempat yang kena sinar matahari penuh atau di tempat yang sedikit ternaungi. Bila ditanam untuk diambil patinya, tanaman diusahakan berumur 10 bulan sampai beberapa tahun sebelum batangnya dipanen.

Tumbuhan ini merupakan terna besar yang umbi batangnya dijadikan sumber pangan karbohidrat non-serealia Daun mudanya yang telah direbus dapat dipakai sebagai pembungkus makanan, seperti nasi atau buntil.

 Manfaat :

Bagian-bagian di atas permukaan tanah, seperti daun dan bunga mengandung kristal kalsium oksalat yang bila termakan mentah atau kurang terolah dengan sempurna menyebabkan mulut dan perut terasa gatal. Getahnya mampu menyebabkan radang.

Rimpangnya kaya akan pati atau tepung. Rebusan batangnya sebagai pencahar dan sari tangkai daun sebagai obat batuk. Di Papua New Guinea, daun muda dan cairannya digunakan sebagai obat luar sakit kepala, dan daun yang dimasak dalam santan dimakan untuk terapi penderita kemunduran seksualitas. Di Thailand, rimpangnya sebagai obat bekas gigitan ular dan luka-luka. Alocasia macrorrhiza seringkali juga ditanam sebagai tanaman hias*
 

Artikel Terkait Lainnya:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar