Minggu, 25 September 2011

Umbi Dahlia - Bunga Dahlia

Bunga Dahlia

Umbi Dahlia


Dahlia (Dahlia pinnata Cav.) adalah tanaman perdu berumbi yang sifatnya tahunan (perenial), berbunga di musim panas sampai musim gugur Dahlia adalah bunga nasional negara Meksiko yang juga merupakan negara asal Bunga ini.

Dahlia termasuk bunga yang terlambat dikembang-biakkan. Pada tahun 1872, negeri Belanda menerima sekotak umbi Dahlia yang dikirim dari Meksiko. Dari sekotak umbi bunga Dahlia ternyata hanya satu umbi yang berhasil berbunga namun menghasilkan bunga indah berwarna merah dengan daun bunga yang runcing. Ahli tanaman berhasil mengembang biakkan Dahlia yang kemudian dinamakan Dahlia juarezii. Dahlia juarezii merupakan nenek moyang semua bunga Dahlia hibrida (persilangan) yang terdapat sekarang ini.

Tanaman dahlia adalah makanan larva beberapa spesies Lepidoptera (jenis kupu-kupu).
Bunga Dahlia dinamakan untuk menghormati ahli botani berkebangsaan Swedia dari abad ke-18 yang bernama Anders Dahl

Dahlia juga merupakan bunga resmi kota Seattle, negara bagian Washington, Amerika Serikat.

Manfaat :
Bunga Dahlia yang kita kenal sekarang terdiri dari ratusan kultivar. Sebagian besar varietas tanaman Dahlia menghasilkan bunga yang warnanya cerah dan mempesona, sehingga Dahlia merupakan komoditas penting bagi industri bunga potong dan tanaman pot.

Riset lain menyebutkan, inulin dahlia amat efektif untuk menekan nafsu makan. Sehingga cocok dijadikan material diet secara alami. Selain itu, dapat pula mengendalikan kadar glukosa dalam darah. Bagi olahragawan yang berbasis body building, inulin dapat mengurangi pemecahan jaringan otot, bahkan dapat meningkatkan massa otot.
Inulin dahlia juga dapat memfasilitasi metabolisme gula dalam proses glikolisis. Selain itu, mampu menyediakan energi dalam jangka panjang (hingga 10 jam), sehingga cocok dikonsumsi orang-orang yang berpuasa.

Umbi dahlia dipanen pada saat tanaman berumur minimal tujuh bulan. Dahlia jenis kaktus dan dahlia berumbi besar bisa menghasilkan 25 ton umbi segar/hektare. Negara yang paling banyak memliki koleksi dahlia adalah Meksiko dan Guatemala. Mereka memiliki 12-20 jenis dahlia. Enam di antaranya telah dikembangkan menjadi tanaman hias.

Dari satu rumpun tanaman dapat dihasilkan 2-5 kg umbi, tergantung varietas dan kesuburan tanaman. Umbi akar dahlia mengandung 80 persen air dan 20 persen padatan. Ia mudah dikembangbiakkan dengan biji, setek batang, umbi, atau pemisahan anakan. 

Cara menanamnya, siapkan tanah kebun, kompos dan pasir halus. Tanam bibit dan siram secara teratur. Dalam dua bulan, tanaman mulai berbunga. Letakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari pagi. Lokasi yang terlalu panas mengakibatkan tanaman berbunga kecil dan daun berwarna kekuningan. 

Jika Anda menanamnya dalam pot, ganti media tanam sekali dalam setahun, agar terjadi regenerasi dan terbentuk tanaman baru. Pemupukan dengan KCl dan NPK dilakukan saat tanaman mulai tumbuh dan menjelang berbunga, agar dahlia tumbuh maksimal*


Artikel Terkait Lainnya:



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar